Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:44 WIB

KontraS Harap Hadi Bangun TNI Lebih Profesional

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 6 Desember 2017 | 23:37 WIB
KontraS Harap Hadi Bangun TNI Lebih Profesional
Marsekal Hadi Tjahjanto - (Foto: inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Koordinator KontraS, Yati Andriyani menilai Jenderal Gatot Nurmantyo gagal melakukan reformasi di tubuh TNI. Karena, selama tahun 2017 tercatat ada 266 kasus pelanggaran hukum dan HAM yang diduga melibatkan oknum TNI.

"Ada banyak indikasi Panglima TNI sebelumnya terlalu asik dan mudah sekali larut dalam gonjang-ganjing politik di domestik nasional. Sehingga menurut kami dia luput bagaimana reformasi di internal TNI," kata Yati, Rabu (6/12/2017).

Untuk itu, Yati menginginkan Marsekal Hadi Tjahjanto yang ditunjuk sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot tidak ragu-ragu mengambil tindakan-tindakan hukum siapa pun anggota yang terlibat di lapangan.

"Ya evaluasi kita kan memang pembelajaran untuk Panglima TNI yang baru, bagaimana membangun TNI lebih profesional, bagaimana membuat suatu kebijakan yang memastikan berjalannya akuntabilitas TNI terhadap kasus atau hal-hal terkait pelanggaran hukum atau pelanggaran HAM yang dilakukan oleh anggota TNI di lapangan," ujarnya. [ton]

Komentar

 
x