Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:34 WIB

KPK Sudah Periksa 99 Saksi untuk Novanto

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 6 Desember 2017 | 21:03 WIB
KPK Sudah Periksa 99 Saksi untuk Novanto
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jaksa Komisi Pemberantasan Korups (KPK) resmi melimpahkan berkas perkara, barang bukti dan surat dakwaan Ketua DPR Setya Novanto ke Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, selama dalam proses penyidikan pihaknya sudah memeriksa 99 saksi, dari mulai saksi fakta, ahli dan saksi meringankan.

"Sejak proses penyidikan ini dilakukan pemeriksaan terhadap sekitar 99 orang saksi," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta Selatan , Rabu (6/12/2017).

Menurut Febri, saksi fakta itu berasal dari pihak swasta yang merupakan anggota Konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) penggarap proyek e-KTP, anggota maupun mantan anggota DPR, notaris serta pengacara.

"Yang cukup banyak dari pihak swasta atau dari konsorsium yang diperiksa sebelumnya termasuk saksi baru," kata dia.

Dari kesaksian itu, lanjut Febri, KPK mendapatkan keterangan mengenai dugaan keterlibatan Novanto dalam kasus yang ditaksir merugikan uang negara Rp 2,3 triliun itu. Dengan itu, dia yakin KPK punya bukti dugaan keterlibatan Novanto.

"Kami yakin dengan kekuatan bukti yang kita ajukan di PN Jakpus dan akan diproses di persidangan Tipikor," ujar dia. [ton]

Komentar

 
x