Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:28 WIB

KontraS: Panglima TNI Baru Banyak PR

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 6 Desember 2017 | 21:16 WIB
KontraS: Panglima TNI Baru Banyak PR
Koordinator KontraS, Yati Andriyani - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Koordinator KontraS, Yati Andriyani memberikan beberapa catatan untuk Marsekal Hadi Tjahjanto yang baru ditunjuk sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Panglima TNI baru banyak PR (pekerjaan rumah) menurut kami, sebetulnya panglima yang baru bisa punya banyak kesempatan institusi TNI lebih profesional," kata Yati, Rabu (6/12/2017).

Kemudian, Yati berharap Panglima TNI yang baru ini tidak hanya melihat ancaman secara domestik di dalam negeri saja tapi juga harus melihat ancaman dari sisi regional dan global. Karena, ancaman itu tidak hanya di dalam negeri.

"Tren ancaman global sedang menguat dan panglima yang baru harus memiliki satu design yang utuh bagaimana menghadapi ancaman-ancaman dari luar," ujarnya.

Sementara, kata dia, untuk di dalam tentu saja pekerjaan rumah Marsekal Hadi terkait modernisasi alutsista yang harus diprioritaskan. Kemudian, terkait transparansi, korupsi dan lain-lain.

"TNI harus berbenah diri jadi transparan dan bersih korupsi," jelas dia.

Selain itu, lanjut dia, terkait akuntabilitas juga harus diperhatikan bagaimana institusi TNI ini terhadap berbagai kasus-kasus pelanggaran HAM yang melibatkan anggota di lapangan.

"Salah satunya kita punya Undang-Undang Peradilan Militer yang seharusnya undang-undang ini harus segera direvisi dan saya harap itu juga jadi salah satu agenda dari panglima yang baru untuk mendukung revisi Permil mendorong lahirnya TNI yang akuntabel," katanya.

Lalu, soal reformasi kebijakan melalui revisi Undang-undang Peradilan Militer agar anggota TNI yang terlibat dalam pelanggaran hukum, pelanggaran HAM bisa dimintai pertanggungjawaban. [ton]

Komentar

 
x