Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:27 WIB

Kasus La Gode Diharap Jadi Perhatian Panglima Baru

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 6 Desember 2017 | 20:23 WIB
Kasus La Gode Diharap Jadi Perhatian Panglima Baru
KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto - (Foto: inilahcom/Didik S)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Koordinator KontraS, Yati Andriyani mengatakan Panglima TNI yang baru ditunjuk yaitu KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto fokus mengusut tuntas kasus kematian La Gode yang diduga melibatkan oknum TNI di Pos Satgas 732 Banua, Maluku Utara.

"Ini momentum tepat ditengah rencana pergantian Panglima TNI, kasus La Gode adalah contoh kasus bahwa akuntabilitas TNI sangat dibutuhkan untuk diuji sejauh mana profesionalisme TNI di Indonesia," kata Yati, Rabu (6/12/2017).

Menurut dia, dalam kasus kematian La Gode ini harusnya pihak TNI yang sedang menyelidiki maupun Polri harus bisa merujuk pada fakta-fakta di lapangan jangan sampai membuat opini ke media massa.

"Kasus La Gode kami duga terkait dengan Satgas, karena Taliabu Maluku Utara itu pulau yang sangat jauh dari Ternate. Sehingga sulit dijangkau informasi disana," ujarnya.

Ia menjelaskan awalnya La Gode ini pada 10 Oktober 2017 tertangkap tangan melakukan pencurian singkong oleh anggota polisi, kemudian polisi membawa korban (La Gode) ke Pos Satgas 732 untuk dilakukan proses pembinaan.

Pada 15 Oktober 2017, korban kemudian melarikan diri dari Pos Satgas 732 Banua. Lalu, 23 Oktober si korban bersama dengan salah satu saksi (LM) kembali ditangkap di Desa Kramat oleh anggota kepolisian dan dua orang anggota Satgas.

"Kemudian, korban dan saksi dibawa ke Pos Satgas 732. Akhirnya, pada 24 Oktober si korban dinyatakan meninggal dunia di Pos Satgas," jelasnya.

Atas kejadian itu, LBH Maromoi dan KontraS mendampingi keluarga korban membuat laporan penyiksaan yang menyebabkan kematian La Gode ke Denpom Ternate dan ke Polda Maluku Utara serta melaporkan dugaan penyalahgunaan wewenang ke Propam Polda Maluku Utara. [ton]

Tags

Komentar

 
x