Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 16:12 WIB

Masuk Tahun Politik

Jokowi Minta Jajaran Jaga Stabilitas Ekonomi

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 6 Desember 2017 | 18:17 WIB
Jokowi Minta Jajaran Jaga Stabilitas Ekonomi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Sidang Kabinet Paripurna Topik di Ruang Garuda Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12/2017) sore.

Adapun topik pembahasan dalam sidang kabinet paripurna hari ini mengenai Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018 dan Persiapan Pilkada Serentak di 171 Daerah.

Melalui sambutannya, Jokowi mengingatkan bahwa sesaat lagi Indonesia akan memasuki tahun politik dengan digelarnya Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019.

"Sebentar lagi, kita memasuki 2018 dan saya ingin mengingatkan kita semuanya tahun 2018 bukan hanya tahun politik tapi juga telah dimulainya tahapan pemilu 2019," ujar Jokowi.

Ia menambahkan, tahun 2108 akan dipenuhi agenda strategis yang salah satunya akan menjadi tuan rumah perhelatan besar tingkat dunia, yakni Asian Games 2018.

"Ini menyangkut tamu kurang lebih 30.000 orang dan IMF World Bank Annual Meeting juga menyangkut banyak sekali tamu 15.000 orang. Untuk itu, saya minta kepada menteri dan kepala lembaga fokus bekerja, fokus mengejar target yang kita tentukan," tuturnya.

Ia pun mengharapkan agar jangan sampai tahun politik membuat konsentrasi pemerintahan dalam bekerja menjadi terganggu.

"Saya minta ke para menteri dan kepala lembaga agar betul-betul memastikan program yang kita rencanakan betul betul dicek di lapangan, dikendalikan dan dikontrol sehingga bisa berjalan baik," imbuhnya.

Pemerintah, lanjutnya, juga menargetkan di Tahun 2018 pertumbuhan ekonomi yang ingin dicapai sebesar 5,4 persen.

"Saya optimis ini akan tercapai apabila kita mampu jaga momentum pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan iklim kemudahan berusaha dan investasi. Januari-Februari maksimal kita akan memiliki single submission. Ini jadi target agar betul betul ada sebuah satgas task force yang mengawal Investasi ke negara kita," paparnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar stabilitas ekonomi di Indonesia terus dijaga seiring dengan akan masuknya tahun politik di tahun 2018.

"Baik stabilitas harga, keuangan ataupun neraca pembayaran. Mengenai stabilitas harga saya ingatkan hati-hati dengan inflasi harus kita kendalikan. Hati-hati juga dengan perubahan cuaca yang ekstrem. Hati-hati juga dengan bencana di beberapa daerah karena ini akan berpengaruh pada stabilitas harga," ungkapnya.

Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah akan memulai program padat karya di tahun 2018 melalui sistem cash for work yang dijalankan Kemendes PDTT, Kementerian PUPR, Kemenhub hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Saya minta Januari sudah bisa kita lihat di lapangan, sudah dimulai karena kita harapkan dengan ini akan ada peningkatan daya beli masyarakat di desa. Perlu saya ingatkan Program Beras Sejahtera dan bantuan pangan non tunai betul-betul disalurkan tepat waktu, tidak terlambat sehingga kita bisa membantu keluarga pra sejahtera," tandasnya.[jat]

Tags

Komentar

 
x