Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:26 WIB

Kematian La Gode

KontraS Curigai Keterlibatan Oknum TNI

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 6 Desember 2017 | 17:01 WIB
KontraS Curigai Keterlibatan Oknum TNI
(Foto: inilahcom/Farhan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota KonstraS, Arif Nurfikri mengaku heran dengan upaya TNI yang memberikan dana santunan kepada keluarga La Gode sebesar Rp1,4 juta selama sembilan bulan. Disinyalir uang itu untuk sogokan agar kasus kematian La Gode tidak dilanjutkan.

"Ini jadi pertanyaan kalau TNI tidak terlibat penganiayaan, kenapa TNI memberikan uang Rp1,4 juta dengan iming-iming selama 9 bulan termasuk pemberian beras dan makanan," kata Arif di KontraS, Rabu (6/12/2017).

Selain itu, kata Arif, ada upaya mobilisasi tanda tangan surat pernyataan warga setempat sebagai bentuk dukungan keberadaan Satgas 732 Banua di Desa Lede, Kepulauan Taliabu, Maluku Utara. Sebab hal ini harus dijelaskan mengingat dukungan itu pasca korban La Gode meninggal.

"Isi surat ini tidak menjelaskan bahwa anggota TNI dan Polri tidak terlibat atas penyiksaan serta kematian korban, justru surat itu menegaskan korban meninggal saat berada di Pos Satgas. Dan disebutkan bahwa tindakan menyebabkan kematian terhadap korban bentuk pelanggaran hukum dan HAM," ujarnya.

Arif mengatakan pihaknya meminta petunjuk tersebut harus digali lagi baik pihak TNI maupun kepolisian untuk menyimpulkan fakta-fakta secara menyeluruh atas kematian La Gode di Pos Satgas.[jat]

Tags

Komentar

 
x