Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:41 WIB

KontraS Soroti Pemeriksaan Saksi Kasus La Gode

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 6 Desember 2017 | 16:36 WIB
KontraS Soroti Pemeriksaan Saksi Kasus La Gode
Anggota KontraS, Arif Nurfikri - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota KontraS, Arif Nurfikri menyoroti Denpom Ternate yang melakukan proses penyidikan kasus dugaan kekerasan hingga tewas terhadap La Gode. Sebab Denpom TNI melakukan periksa saksi tanpa ada pendampingan dari penasehat hukum.

"Pada 2-3 Desember 2017, penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap 8 orang warga untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus ini," kata Arif di KontraS, Rabu (6/12/2017).

Ia mengaku keberatan atas sikap penyidik yang membiarkan pemeriksaan saksi tanpa didampingi kuasa hukum. Meskipun, dalam KUHAP tidak diatur secara khusus pendampingan kuasa hukum terhadap saksi.

"Tapi dalam kasus ini harusnya keberatan dan permintaan dipenuhi dengan pertimbangan yang cukup relevan, penyidik justru tetap memaksakan proses pemeriksaan terhadap para saksi tanpa didampingi kuasa hukum," ujarnya.

Menurut dia, keamanan dan kenyamanan para saksi dan keluarga korban sangat penting untuk menghindari tekanan psikologis, intimidasi, ketakutan dan kekhawatiran bagi saksi maupun keluarga korban dalam memberikan keterangan.

"Sebab, yang dihadapi adalah dua institusi dan kasus ini juga mengerikan bagi mereka. Saksi-saksi juga berada di wilayah pulau yang jauh dari akses hukum, informasi, komunikasi dan transportasi," jelas dia.[jat]

Tags

Komentar

 
x