Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 22:07 WIB

Marsekal Hadi Optimis Bisa Tangkap Separatisme

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 6 Desember 2017 | 13:40 WIB
Marsekal Hadi Optimis Bisa Tangkap Separatisme
Calon Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Calon Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan beberapa ancaman kemanan yang dapat memecah persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut dia, sebagai negara kepulauan, Indonesia masih rawan dengan gerakan-gerakan separatis yang ada di daerah-daerah.

"Potensi separatisme, konflik komunal berbasis suku, agama dan ras akan selalu terjadi, lebih pada di era reformasi demokrasi, politik yang mengarah pada liberalisasi berpotensi menjadi liberal atau dilema," kata Hadi saat memaparkan misi-visi di Gedung Nusantara II, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).

Hadi menegaskan jika kondisi saat ini tidak dikelola dengan baik, maka akan berpotensi menjadi konflik vertikal. Hal itu dapat mengganggu pemerintah yang sah.

"Bentuk rongrongan terhadap legitimasi pemerintah yang sah atau pemberontakan," jelasnya.

Dia mengaku punya cara sendiri dalam menghadapi masalah tersebut setelah nanti menjadi Panglima TNI. "Saya akan bertindak sesuai dengan doktrin TNI yakni, TNI sebagai kekuatan penyerang, TNI sebagai kekuatan pendukung, TNI sebagai kekuatan pertahanan, karena TNI digunakan untuk kepentingan negara apapun yang menjadi keputusan politik negara," ujarnya

Bahkan, kata dia, nantinya TNI akan melaksanakan fungsi penangkal yang mampu mewujudkan daya tangkal setiap bentuk ancaman baik di dalam negeri ataupun luar negeri.

Hadi mengatakan, TNI memiliki kemampuan menggerakan untuk menghancurkan kekuatan musuh dan fungsi pemulih yang bisa beroperasi bersama instansi pemerintah lainnya untuk mengembalikan kondisi keamanan negara yang sudah terganggu akibat permasalahan keamanan.[jat]

Komentar

 
x