Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:37 WIB

Hakim Tegur Jaksa Karena Tidak Bisa Hadirkan Saksi

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 5 Desember 2017 | 19:49 WIB
Hakim Tegur Jaksa Karena Tidak Bisa Hadirkan Saksi
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sidang lanjutan kasus dugaan pemalsuan dokumen dengan terdakwa pengusaha kelapa sawit Christoforus Richard kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Namun, sidang harus ditunda lantaran saksi yang dihadirkan jaksa tak datang. Ketua Majelis Hakim Chatim Chaerudin langsung menegur Jaksa penuntut umum pada Kejaksaan karena dinilai tak mampu menghadirkan para saksi ke persidangan dengan alasan yang tidak jelas.

"Majelis memberikan waktu sekali lagi. Kamis depan diberikan kesempatan saksi yang meringankan," ujar Hakim Ketua Chatim, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2017).

Teguran itu karena sudah enam kali persidangan tim jaksa tidak mampu menghadirkan saksi ke persidangan. Alhasil hakim pun memberi teguran keras.

Pengacara Christoforus Richard, Sirra Prayuna menilai,ketidak mampuan Jaksa dalam menghadirkan saksi-saksi merugikan kliennya. Pasalnya sidang yang telah digelar 11 kali tersebut baru mendengarkan kesaksian enam orang dari 42 saksi yang diagendakan.

Dengan keadaan persidangan tersebut pihaknya meminta agar majelis hakim dapat mengabulkan permohonan penangguhan penahanan dan berencana akan mengahadirkan 5 orang saksi yang meringankan untuk menangkis dugaan pemalsuan surat dan akte otentik tersebut.

Sirra mengatakan, kasus ini semula merupakan perkara perdata yang telah dimenangkan kliennya ditingkat kasasi. Tapi belakangan kliennya dipidanakan di pengadilan negeri Jakarta Selatan. Kliennya diduga melanggar pasal 266 KUHP Terkait pemalsuan akta 2 bidang tanah seluas ,6,9 ha dan 7 ha milik PT. Nusantara Raga Wisata.[jat]

Tags

Komentar

 
x