Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 17:58 WIB

Ibu Ghani Bahas Pemberdayaan Wanita ke Jokowi

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 5 Desember 2017 | 20:27 WIB

Berita Terkait

Ibu Ghani Bahas Pemberdayaan Wanita ke Jokowi
Ibu Negara Afghanistan, H.E. Ny. Rula Ghani - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bogor - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengungkapkan isi pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ibu Negara Afghanistan, H.E. Ny. Rula Ghani di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017) sore.

Di awal pertemuan, kata Retno, Ny. Ghani menyampaikan hal-hal yang sudah dilakukannya selama kunjungan dua hari di Jakarta kepada Jokowi.

"Dalam dua hari ini, kemarin sampai hari ini Ibu Negara Afghanistan menghadiri atau menjadi keynote speaker simposium internasional mengenai peran perempuan didalam perdamaian," ujar Retno di area Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017).

Setelah itu, Ny. Ghani menyampaikan kegiatan lainnya seperti melakukan pertemuan dengan beberapa kelompok perempuan antara lain bersama kelompok parlementarian.

"Kemudian dengan kelompok agama, para pemimpin-pemimpin agama, berbagai macam agama. Kemudian yang ketiga dengan LSM-LSM perempuan dan beliau menceritakan kekagumannya terhadap apa yg dilakukan atau kemajuan yang dialami oleh para perempuan Indonesia," imbuhnya.

Retno mengingat salah satu pernyataan yang disampaikan Ny. Ghani kepada Jokowi ialah di Indonesia terdapat banyak organisasi perempuan yang berkontribusi untuk membantu pemberdayaan wanita.

"Jadi dari perempuan untuk perempuan dan beliau juga mengatakan beliua ingin kembali ke Indonesia untuk memperdalam beberapa hal yang sifatnya lebih teknis, misalnya ingin melihat bagaimana pemberdayaan perempuan kita dijalankan pada level desa. Misalnya, Wahid Institute memiliki kerjasama yang sudah sangat maju dengan UN Women untuk pemberdayaan perempuan," paparnya.

Melalui pertemuan ini juga, lanjutnya, Ny. Ghani menyampaikan keinginan negaranya yang seiring dengan komitmen Indonesia untuk meningkatkan kerjasama didalam konteks kerjasama perdamaian.

"Jadi, peace building ini antara lain yang diharapakan misalnya kita berbagi pengalaman mengenai bagaimana Indonesia menangani konflik yg ada di negaranya, bagaimana Indonesia merangkai 17.000 pulau menjadi satu Indonesia," paparnya.

Kepada Jokowi, istri Presiden Afghanistan Ashraf Ghani ini pun menyampaikan kekagumannya terhadap Indonesia yang memiliki banyak sekali suku dan etnis agam.

"Tadiadi beliau menyapaikan mengenai pancasilan sebagai perekat dan sebagainya. Kemudian juga bagaimana pertukaran ulama antara kedua belah pihak. Indonesia memiliki Indonesian Islamic Center di sana yang masjidnya sudah berdiri. Sekarang kita mulai untuk pemberdayaan perempuan," JelasnyaZ

Adapun pemberdayaan perempuan tersebut difokuskan dalam bidang ekonomi agar kalangan wanita dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam mengenai hal ini.

"Jadi, bagaimana kita bisa memberdayakan perempuan didalam kegaitan-kegiatan yang bersifat ekonomi. Bukan berarti bahwa perepuan tersebut harus bekerja diluar rumah. Banyak sekali contoh yang kita terima bahwa ibu-ibu tetap di rumah, tapi tetap diberdayakan secara ekonomi," tuturnya.[jat]

Komentar

Embed Widget
x