Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 17:20 WIB
 

Waspada, Ini Daerah yang Rawan Banjir

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 5 Desember 2017 | 17:39 WIB
Waspada, Ini Daerah yang Rawan Banjir
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ada beberapa daerah yang diprediksi rawan banjir sehingga harus dilakukan antisipasi.

"Daerah banjir itu di Sumatra terutama dataran-dataran rendah, bantaran sungai, tempat pertemuan sungai," kata Sutopo di kantornya, Selasa (5/12/2017).

Ia menjelaskan untuk daerah yang rawan banjir di Jawa sepanjang pantai utara ditambah beberapa bagian selatan, mulai dari Cilacap sampai Jogjakarta. Kemudian, wilayah Kalimantan dan Papua itu di sepanjang pesisir atau bagian pesisirnya.

"Aceh Utara juga saat ini masih mengalami banjir meluas, ribuan masyarakat terdampak sampai saat ini masih tanggap darurat termasuk Kota Medan dan beberapa kota di Sumatra Utara serta Riau maupun Jambi," ujarnya.

Kemudian, kata Sutopo, daerah Banten itu biasanya banjir di ujung Cisadane yang hampir tiap tahun terjadi. Lalu, Jawa Tengah di bagian utara mulai Semarang, Kendal, Pati, Kudus dan Bengawan Solo mulai bagian hulu.

"Jawa Timur sepanjang Bengawan Solo karena sempat status merah sehingga banjir melanda Sragen, Karang Anyar dan akan mengalir ke Jawa Timur seperti Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik. Sulawesi itu hampir sebagian besar," jelasnya.

Bandung juga kabupaten yang paling yang terendam banjir itu setahun bisa sampai 10 hingga 15 kali yang mengungsi karena memang di sana daerahnya cekung.

"Kemarin Pak Presiden meninjau pembangunan kolam retensi atau border yang digunakan untuk antisipasi banjir di Citarum," katanya.

Sebagaimana diberitakan, saat ini Indonesia memasuki musim hujan puncaknya diperkirakan sampai Februari 2018. [rok]

Tags

Komentar

x