Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 22:15 WIB

Walkot Irwansyah Dapat Penghargaan Ombudsman

Oleh : Ajat M Fajar | Selasa, 5 Desember 2017 | 17:31 WIB
Walkot Irwansyah Dapat Penghargaan Ombudsman
Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah mendapatkan penghargaan dari Ombudsman RI karena Kota Pangkalpinang mendapatkan zona hijau terkait layanan administrasi dengan predikat kepatuhan tertinggi.

Penghargaan itu diberikan Ombudsman RI di di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2017). Penghargaan ini diberikan dalam rangka fungsi Ombusman memantau dan mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Penghargaan diberikan setelah Ombudmsan melakukan observasi mendadak. Semacam sidak ke UPP dan SKPD yang berfungsi memberikan pelayanan publik. Teknik pengambilan sampelnya cluster sampling dengan metode observasi mengamati ketampakan fisik dari ketersediaan komponen pelayanan di unit pelayanan publik kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah.

Selain ke Pemkot Pangkalpinang, Ombudsman juga memberikan penghargaan ke pemerintah daerah lain. Misalnya Pemprov Sulawesi Selatan mendapatkan predikat implementasi kepatuhan tertinggi, juga ada predikat kepatuhan tertinggi pada 7 kategori.

Predikat tersebut antara lain Peningkatan Tertinggi Zona Kepatuhan yang diterima kota Bengkulu, Kategori Locus Baru Kepatuhan Terbaik yang diraih Pemkab Belitung Timur, Kategori kepatuhan tertinggi Pemerintah Kabupaten diterima Pemkab Bangka, Kepatuhan tertinggi Pemerintah Kota diterima Pemkot Manado, Kepatuhan tertinggi Pemerintah Provinsi diterima Pemprov Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu Kategori Kepatuhan Tertinggi Lembaga diterima BNN, dan Kepatuhan tertinggi kementerian diterima oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Ombudsman juga memberi predikat kepatuhan tinggi dalam empat kategori, yaitu untuk kementerian/lembaga yang diraih Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kemensetneg, dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

Sementara untuk Predikat Kepatuhan Tinggi tingkat Pemerintah Provinsi diterima oleh Pemprov Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Menanggapi penghargaan itu, Irwansyah yang juga diisukan bakal maju Pilgub Sumsel itu mengaku bersyukur. Ia mendorong semua aparatnya untuk bekerja lebih melayani masyarakat lagi.

"Ini menjadi pelecut semangat. Terimakasih kepada seluruh aparatur di kota Pangkalpinang. Teruslah melayani tanpa pamrih, kerja ikhlas dan niatkan ibadah," kata Irwansyah dalam siaran persnya.[jat]

Komentar

 
x