Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:43 WIB

Golkar Targetkan Pelaksanaan Munaslub Bulan Ini

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 5 Desember 2017 | 14:31 WIB
Golkar Targetkan Pelaksanaan Munaslub Bulan Ini
Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah I, DPP Partai Golkar, Nusron Wahid - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah I, DPP Partai Golkar, Nusron Wahid mengungkapkan saat ini pihaknya tengah mendiskusikan waktu yang tepat untuk diagendakan penyelenggaraan musyawarah nasional luar biasa (munaslub).

Adapun agenda besar munaslub ini adalah menentukan pergantian posisi ketua umum yang saat ini masih dijabat Setya Novanto.

Ia menuturkan, seluruh kader partai telah melakukan negosiasi kepada Plt Ketum Golkar Idrus Marham agar munaslub dapat ditargetkan digelar pada pertengahan bulan ini.

"Munaslub sedang berproses. Ekspektasi kami yang menguat di kalangan teman-teman pengurus DPP Partai Golkar yang sedang melakukan proses negosiasi waktu dengan Pak Idrus Marham, itu antara tanggal 16, 17 atau 18 Desember. Ekspektasi waktu yang diusulkan seperti itu," ujar Nusron di area Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017).

Setelah menyepakati kemungkinan waktu penyelenggaraan munaslub, Nusron menuturkan bahwa langkah selanjutnya ialah tinggal menentukan penyelenggaraan munaslub berdasarkan mekanisme rapimnas terlebih dahulu atau tidak.

"Itu masih jadi perdebatan disini. Saya berpendapat, mekanisme munaslub ada dua jalur. Jalur pertama diadakan inisiatif dari dpp. Kalau inisiatif dari DPP, maka diperlukan ada rapimnas," katanya.

Nusron menambahkan, melalui agenda rapimnas dilakukan untuk meminta persetujuan dan pendapat dari DPD I tentang pentingnya munaslub.

"Tetapi munaslub model seperti ini sudah pernah dilakukan dalam rangka munaslub rekonsiliasi di Bali. Itu diadakan DPP, diinisiatif DPP, kemudian dari DPP dilakukan rapimnas. Tetapi ada munaslub yang jalur lain, yaitu atas permintaan DPD I yang itu sudah 2/3," ungkapnya.

Ia memaparkan jika ada permintaan munaslub yang diajukan 2/3 DPD I, maka tidak perlu digelar rapimnas. Hal ini dikarenakan munaslub diminta seluruh perwakilan Golkar di daerah.

"Rapimnas itu adalah agendanya kan, untuk meminta persetujuan dari DPD I soal munaslub, sehingga butuh proses percepatan. Dua agenda inilah yang akan dibahas di dalam rapat pleno Golkar minggu ini. Jadi, estimasi waktunya antara Kamis atau Jumat akan dilaksanakan, tapi semuanya terserah Pak Idrus marham sebagai Plt Ketum yang mengagendakan rapat," tansasnya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x