Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 09:37 WIB

Gatot Nilai Tahun Politik Tantangan Terbesar Hadi

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 5 Desember 2017 | 11:56 WIB
Gatot Nilai Tahun Politik Tantangan Terbesar Hadi
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku bersyukur lantaran impiannya menjadi pimpinan tertinggi militer telah terwujud dan dalam waktu dekat akan segera berakhir.

Dia pun terkenang momen berkesannya saat dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI.

"Saya mengucapkan syukur alhamdulilah bahwa sebagai seorang prajurit pasti punya mimpi tinggi. Mimpi menjadi Panglima TNI itu semua prajurit menginginkan apalagi perwira. Saya bisa terwujud mimpi itu karena jadi Panglima TNI itu yang melantik saya adalah Pak Jokowi. Itu saya bersyukur," ujar Gatot di area Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017).

Gatot pun menyampaikan rasa syukurnya lantaran Jokowi telah menunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat sebagai KSAU sebagai calon tunggal pengganti dirinya.

"Saya juga bersyukur bahwa Presiden telah menentukan pengganti saya. Pengganti saya ini, seperti disampaikan dipersiapkan untuk menghadapi tantangan tugas ke depan. Tantangan tugas ke depan adalah tahun politik," paparnya.

Penunjukan Hadi sebagai calon tunggal Panglima TNI telah memenuhi syarat. Hal itu dikarenakan dari tiga pimpinan matra, hanya Hadi yang masa pensiunnya paling lama.

"Dari tiga kepala staf angkatan yang memenuhi syarat, menurut saya, sebagai tahun politik, pertama KSAL bulan Mei pensiun. Kalau jadi Panglima TNI kan, cuma sebentar. KSAD Januari 2019 dan KSAU ini sampai 2020. Sehingga bisa mempimpin TNI menghadapi tahun politik dengan lancar," paparnya.

Gatot pun menilai Jokowi telah mempersiapkan regenerasi pergantian Panglima TNI sudah sesuai aturan kaderisasi yang ditentukan.

"Ini yang sudah dipersiapkan secara regenerasi. Penyiapan kader-kader yang disiapkan sudah sejak awal. Saya ucapkan terima kasih bahwa langkah-langkah ini sudah dilakukan," tandasnya. [rok]

Komentar

 
x