Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:25 WIB

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Ditutup

Oleh : - | Selasa, 5 Desember 2017 | 02:22 WIB
Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Ditutup
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Mojokerto - Pasca-lebah menyengat sekelompok pendaki di Gunung Penanggungan, Sabtu (2/12/2017) kemarin, pihak KPH Perhutani Pasuruan menutup sementara jalur pendakian di pos utama Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Pasalnya, lebah beracun di tengah ekstremnya cuaca dikhawatir kembali menyerang para pendaki.

Wakil Administrasi, KPH Pasuruan, Heru Ristio mengatakan, penutupan sementara jalur tersebut karena pihaknya tidak ingin serangan serupa dialami pendaki lainnya. "Untuk mengantisipasi hal itu, sementara jalur pendakian di pos utama kita tutup. Update terakhir, ada 25 pendaki yang disenggat lebahapis dorsata atau tawon gung," ungkapnya, Senin (4/12/2017).

Antisipasi tersebut dilakukan agar tidak terjadi korban lagi karena, lanjut Heru, cuaca ekstrem dan tidak bersahabat berpotensi mengancam keselamatan pendaki di puncak Gunung Pawitra dengan ketinggian 1.653 mdpl. Petugas di Penanggungan, ujar Heru, masih menelusuri keberadaan sarang lebah yang hidup di ketinggian 900-1.000 mdpl tersebut.

"Kami khawatir, jika lebah-lebah itu masih bersarang di jalur pendakian dan bahayanya lagi kalau lebah itu berpindah dan mendekati puncak. Karena, kalau ada korban lagi akan menyulitkan kami dalam evakuasi karena sampai saat ini kami tidak tahu dimana keberadaan sarang lebah itu. Masih di tempat semula atau telah berpindah sehingga kami antisipasi dengan penutupan sementara," katanya.

Heru menambahkan, sepesies lebah sebenarnya tidak menyerang jika tidak tidak diganggu. Diduga serangan lebah itu terjadi karena sebelumnya ada yang merusak sarangnya sehingga menyerang orang di sekitarnya. Menurutnya, bisa saja terjadi akibat faktor cuaca, hujan deras disertai angin kencang sehingga mengusik lebah-lebah tersebut. [beritajatim]

Komentar

 
x