Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 15 Oktober 2018 | 23:23 WIB

Jokowi Usul KSAU Marsekal Hadi Gantikan Gatot

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 4 Desember 2017 | 11:14 WIB

Berita Terkait

Jokowi Usul KSAU Marsekal Hadi Gantikan Gatot
Marsekal Hadi Tjahjanto dan Presiden Joko Widodo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menerima surat usulan pergantian Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI dari Mensesneg Pratikno di Gedung DPR, Senin (4/12/2017). Menurut dia, KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto diusulkan sebagai pengganti Gatot.

"Tadi pagi saya menerima Mensesneg Prof Pratikno menyampaikan surat dari Presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan rencana pengangkatan atau pergantian kepada Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru," kata Fadli di Gedung DPR.

Menurut dia, surat yang diterimanya itu nanti akan diserahkan langsung kepada Plt Sekjen DPR Damayanti untuk diproses. Kebetulan, hari ini juga ada rapat pimpinan rencana siang dan diharapkan juga pada badan musyawarah (bamus).

"Karena ada beberapa agenda termasuk prolegnas dan beberapa agenda lain. Dalam surat juga disampaikan keinginan untuk bisa diproses dalam waktu yang tidak lama," ujarnya.

Ia mengatakan usulan pergantian Marsekal Hadi sebagai calon tunggal Panglima TNI tentu merupaka hak prerogratif Presiden Joko Widodo (Jokowi), karena hanya satu yang disampaikan. Namun, sesuai ketentuan UU yang menggantikan harus pernah menjadi kepala staf.

"Artinya bisa KSAD, KSAU, KSAL. Jadi terserah itu," jelas dia.

Untuk itu, Fadli berharap sebelum masuk masa reses surat usulan pergantian Panglima TNI tersebut sudah bisa diproses. Makanya, nanti akan dikoordinasikan kepada pimpinan Komisi I DPR.

"Kita harapkan mudah-mudahan bisa begitu. Nanti tentu akan kami kordinasikan dengan pimpinan Komisi I dan juga fraksi-fraksi yang ada dalam bamus untuk mengagendakan," tandasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x