Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:47 WIB

Anggaran Pilkada Kabupaten OKI Capai 90 Miliar

Oleh : Happy Karundeng | Minggu, 3 Desember 2017 | 20:07 WIB
Anggaran Pilkada Kabupaten OKI Capai 90 Miliar
Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan Iskandar - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Palembang - Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan Iskandar mengatakan pihaknya mengalokasikan dana Rp90 miliar untuk menyelenggarakan pilkada tahun 2018. Dana tersebut diperuntukkan untuk penyelenggaraan, pengawasan dan pengamanan pilkada.

"Mudah mudahan tidak ada masalah," katanya di Palembang, Minggu (3/12/2017).

Ketua KPU OKI Dedy Irawan mengatakan tahapan pilkada 2018 sudah dimulai sejak September 2017 yaitu penjaringan. Kemudian penetapan data pemilih sementara dan data pemilih tetap pada bulan November, dan pendaftaran calon perorangan di bulan Desember, lalu awal 2018 dilanjutkan pendaftaran calon partai politik.

"Pilkada sekarang berbeda dengan pilkada dulu, salah satunya soal kampanye banyak batasan-batasan dan semuanya sudah diatur KPU," kata Dedy.

Dedy juga menjelaskan pelaksanaan pilkada juga tidak seramai dulu lagi terutama dari sisi kampanye. Alat peraga kampanye sudah diatur sehingga tidak akan ada lagi atribut yang bertebaran di pinggir jalan atau sudut-sudut kota.

"Sebelumnya banyak pelanggaran terutama dari atribut kampanye, pemberitaan jadi ramai dengan pelanggaran yang dilakukan pasangan calon. Tetapi tahun depan dengan aturan yang ada, kemungkinan pelanggaran akan semakin kecil," kata Dedy.

Sementara itu Kapolres OKI AKB Ade Harianto mengatakan kepolisian siap menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat menjelang Pilkda ini.

"Ada atau tidak ada ancaman, kami tetap antisipasi. Informasi ancaman ada, jika memang ada akan diselesaikan melalui jalur hukum," ujar Ade Harianto.

Ia menegaskan sinergitas pihak aparat keamanan dan juga seluruh komponen masyarakat untuk memastikan proses pemungutan suara berjalan aman sangat penting. [tar]

Komentar

 
x