Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 22:14 WIB

Puncak Musim Hujan di Indonesia Mulai Desember

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 3 Desember 2017 | 04:13 WIB
Puncak Musim Hujan di Indonesia Mulai Desember
Awan hitam menyelimuti kota sebelum turun hujan di Ibukota DKI Jakarta - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan di seluruh Indonesia akan terjadi pada bulan Desember 2016, sampai Februari 2018.

Dengan demikian, selama tiga bulan kedepan, intensitas dan tingkat curah hujan di kepulauan di Indonesia akan semakin tinggi. Sebab, tiga bulan itu adalah puncak musim hujan.

"Kenapa kondisinya parah, karena ketika musim hujan ada Sikon Tropis Cempaka tetapi Sikon tropis Cempaka sudah meluruh, sudah Punah waktu hari Rabu (kemarin)," kata Humas BMKG Dwi Rini pada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Selain, Siklon Tropis Cempaka, musim hujan kali ini juga disertau dengan adanya Siklon Tropis Dahlia yang tumbuh pada Rabu 28 Nevember 2017, kemarin.

"Sikon tropis Dahlia kemarin itu ke sebelah Tenggara DKI, nah ini (Siklon Tropis Dahlia) semakin lama semakin menjauh dari Indonesia seperti itu," ujar dia.

Meski demikian, dia meminta masyarakat tetap waspada adanya cuaca ekstrim, seperti gelombang tinggi yang hampir mencapai 4 meter. Selian itu, angin kencang, petir disertai hujan lebat.

Adapun Siklon Tropis Dahlia yang sebelumnya terjadi di Wilayah Indonesia memberikan dampak berupa:

- Hujan sedang hingga lebat di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

- Angin kencang > 20 knot di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat dan selatan.

- Gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4.0 meter di Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Selatan Banten-Jawa Barat, Perairan Selatan Jawa Tengah-Jawa Timur, Perairan Selatan Bali-Lombok, Selat Bali-Lombok-Alas Bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Bali hingga Lombok.

- Gelombang laut dengan ketinggian 4,0-6.0 meter di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur. [ind]


Tags

Komentar

 
x