Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 17:27 WIB
 

Pendaki Disengat Lebah Jadi Delapan Orang

Oleh : - | Minggu, 3 Desember 2017 | 00:34 WIB
Pendaki Disengat Lebah Jadi Delapan Orang
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Mojokerto - Pendaki Gunung Penanggungan yang tersengat lebah beracun saat turun dari Puncak Pawitra menjadi delapan orang pendaki pada Sabtu (2/12/2017).

Empat diantaranya sudah dievakuasi ke Puskesmas Trawas, namun empat pendaki lainnya masih dilakukan evakuasi oleh petugas SAR Penanggungan.

Ketua LMDH Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jamil (64) mengatakan sesuai data ada delapan pendaki yang menjadi korban serangan lebah di Gunung Penanggungan.

"Tapi masih empat korban yang berhasil dievakuasi," katanya.

Empat pendaki yang dilarikan ke Puskesmas Trawas antara lain Risti (19) dan Fata Wijaya (25) pendaki asal Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Kemudian, Khozinul (17) pendaki asal Malang dan Hari (36) pendaki asal Probolinggo.

"Empat korban lagi masih proses evakuasi oleh petugas SAR Penanggungan," ujarnya.

Perawat Puskesmas Trawas, Rila Dianita menjelaskan pihaknya telah merawat empat korban. Menurut dia, sekarang sudah bisa ditangani tapi mereka masih mengeluh kesakitan di seluruh tubuhnya.

"Karena mereka tersenggat lebah hampir seluruh bagian badannya. Seperti tangan, kepala, lengan, pinggang dan kaki," katanya.

Rila menambahkan para korban masih mengeluh pusing, mual dan panas. Menurutnya, lebah yang menyenggat merupakan lebah jenis Apis Dorsata atau tawon gung yang merupakan lebah beracun.

"Beruntung korban langsung bisa ditangani, karena jika tidak ditanggani akibatnya fatal hingga meninggal dunia. Reaksi sengatan lebah ini bisa langsung, bisa tidak," tandasnya.[beritajatim.com]

Tags

Komentar

x