Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 09:35 WIB

Berebut Kursi Ketum Golkar

Langkah Airlangga Bakal Mulus Berkat Pemerintah

Oleh : Ray Muhammad | Sabtu, 2 Desember 2017 | 08:15 WIB
Langkah Airlangga Bakal Mulus Berkat Pemerintah
Airlangga Hartarto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik Zaenal Budiyono menilai langkah Airlangga Hartarto dalam pemilihan ketua umum baru Partai Golkar akan mulus, meskipun akan berhadapan dengan Idrus Marham yang saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas ketum.

Menurut Zaenal, mulusnya langkah Airlngga ini dikarenakan pria yang juga menjabat sebagai menteri perindustrian itu saat ini berada didalam lingkaran pemerintah.

"Airlangga tampaknya akan melaju mulus karena memiliki faktor dukungan pemerintah. Karakter Golkar yang tidak terlatih menjadi oposisi sejak kelahirannya, akan membuat elitnya mengambil langkah akomodatif terhadap pemerintahan manapun," ujar Zaenal kepada INILAHCOM, Jakarta, Jumat (1/12/2017).

Namun, jika memang faktor dukungan pemerintah mampu memuluskan langkah Airlangga menduduki kursi ketum, sebenarnya hal ini juga dianggap sebagai sesuatu yang amat disayangkan.

"Ini karena sebaiknya pemerintah perlu menjaga jarak dari urusan dapur masing-masing partai. Bahkan, saat partai tersebut berstatus sebagai anggota koalisi sekali pun, tetap saja buatlah jarak yang proporsional.

Hal ini penting karena upaya mengawal konsolidasi demokrasi merupakan "tugas sejarah" bagi para elit politik," jelasnya. [rym]

Komentar

 
x