Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 16:12 WIB

Awas, HIV-AIDS Serang Kekebalan Tubuh

Oleh : - | Jumat, 1 Desember 2017 | 13:46 WIB
Awas, HIV-AIDS Serang Kekebalan Tubuh
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Mojokerto - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto Ch Indah Wahyu mengatakan penyakit HIV-Aids menyerang kekebalan tubuh bagi penderitanya.

"Karena akan semakin berisiko tinggi terserangsecondary infection atau penyakit ikutan lainnya. TBC, diare, hepatitis, maupun radang paru-paru. Dengan adanya secondary infection itu, maka penderita akan mengalami suatu komplikasi," ungkapnya, Jumat (1/12/2017).

Masih kata Indah, sebagai upaya penanggulangan penyakit yang disebabkan infeksi virus human immunodeficiency ini, pihaknya menyerukan pemahaman kepada ODHA agar tidak menutup diri. Karena, hal tersebut justru akan semakin memperburuk kondisi kesehatannya.

"HIV itu harus menjalani pengobatan seumur hidupnya agar tetap survive. Dengan kondisi yang semakin buruk itulah, tidak sedikit di antara ODHA yang akhirnya meninggal dunia. Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak ada diskriminasi kepada ODHA," ujarnya.

Penularan HIV-Aids tidak semudah yang menjadi stigma selama ini, HIV hanya bisa ditularkan melalui cairan tubuh penderita. Yakni melalui cairan kelamin melalui hubungan seksual dan cairan darah yang ditularkan melalui transfusi darah atau penggunaan jarum suntik secara bergantian.

"Selain itu, juga bisa melalui mother to childatau ibu ke anak saat proses persalinan. Di luar itu, ODHA masih bisa berdampingan dengan masyarakat seperti pada umumnya. Namun faktor risiko penularan kebanyakan didapat dari perilaku seks yang menyimpang serta penggunaan narkoba dengan jarum suntik," jelasnya. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x