Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 15:58 WIB

5 Tahun, Penderita HIV/AIDS 93 Orang, 10 Meninggal

Oleh : - | Jumat, 1 Desember 2017 | 10:43 WIB
5 Tahun, Penderita HIV/AIDS 93 Orang, 10 Meninggal
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Mojokerto - Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto menyebutkan sejak 2012 hingga Oktober 2017 tercatat ada 93 penderita HIV/Aids di Kota Mojokerto. Sebanyak 10 orang di antaranya telah meninggal dunia.

Kepala Dinkes Kota Mojokerto, Ch Indah Wahyu mengungkapkan hampir setiap tahun grafik temuan kasus ODHA menunjukkan adanya peningkatan.

"Selama 5 tahun terakhir terdapat 93 warga Kota Mojokerto yang terjangkit HIV dan AIDS," ungkapnya, Jumat (1/12/2017).

Dari jumlah tersebut, lanjut Indah, lebih dari separo orang dengan HIV-Aids (ODHA) berasal dari kalangan usia 24-49 tahun. Sementara 10 diantaranya meninggal dunia. Namun, semakin banyak ditemukan, maka semakin kecil peluang penularan HIV-Aids.

"Karena ODHA juga langsung mendapatkan pengobatan sehingga tidak sampai naik status ke Aids. Namun dari jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan masih banyak yang belum terdeteksi karena HIV-Aids terlihat seperti fenomena gunung es," ujarnya.

Sebagai upaya penanggulangan penyakit yang disebabkan infeksi virus human immunodeficiency ini, pihaknya menyerukan pemahaman kepada ODHA agar tidak menutup diri. Selain itu, juga bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) dan lembaga perizinan. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x