Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 09:39 WIB

Pengacara Pertanyakan Kerugian Pelapor Ahmad Dhani

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 30 November 2017 | 16:23 WIB
Pengacara Pertanyakan Kerugian Pelapor Ahmad Dhani
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota tim pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis mengatakan kasus ujaran kebencian yang disangkakan kepada kliennya tidak layak untuk dilanjutkan, alasannya karena unsur pidana tidak terpenuhi.

"Kalau untuk teknis hukum ada tiga hal yang membuat laporan tersebut tidak layak untuk dilanjutkan," kata Ali Lubis, Kamis (30/11/2017).

Ali mempertanyakan legal standing dan kerugian yang diterima pelapor akibat perbuatan Ahmad Dhani.

"Pertama adalah soal legal standing pelapor, kami juga mempertanyakan apa kerugian hukum pelapor sampai merasa berhak melaporkan kasus tersebut, apakah dia merasa dicemarkan nama baiknya oleh klien kami," jelasnya.

Selain itu, kata dia, atas soal pemenuhan unsur-unsur tindak pidana dalam Pasal 28 ayat (2) junto Pasal 45A ayat 2 UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dia menilai kedua pasal tersebut mensyaratkan penyebaran informasi yang menimbulkan kebencian Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

"Kami menilai twit tersebut bersifat umum dan tidak tendensius, kami juga mempertanyakan suku dan agama apa yang merasa menjadi target ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Ahmad Dhani," ujarnya.

Ia mengungkapkan cuitan Dhani tidak berisi ajakan untuk melakukan tindak pidana, tetapi yang disampaikan Dani sebagai ungkapan ketidaksukaan Dhani terhadap penistaan agama.

"Jadi di twit Ahmad Dani tidak ada berisi provokasi untuk melakukan tindak pidana, sebagaimana kita ketahui perbuatan menista agama merupakan perbuatan pidana di Indonesia, jadi hal yang wajar kalau Dani menunjukkan ketidaksukaan kepada pendukung penistaan agama," ucapnya. [ton]

Tags

Komentar

 
x