Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 06:27 WIB

Pergantian Panglima, Wiranto: Enggak Usah Ribut

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 29 November 2017 | 17:19 WIB
Pergantian Panglima, Wiranto: Enggak Usah Ribut
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto angkat bicara soal kabar yang menyebutkan percepatan pergantian Panglima TNI yang saat ini dijabat oleh Jenderal Gatot Nurmantyo dalam waktu dekat.

Dia menilai wajar jika percepatan pergantian Panglima TNI itu benar adanya. Hal ini merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Terlebih, saat ini Gatot sudah memasuki masa pensiunnya sebagai pimpinan tertinggi militer RI.

"Panglima TNI itu kan, mau pensiun. Itu urusan Presiden, hak preogratif beliau untuk kapan (Panglima TNI) dipensiunkan dan siapa penggantinya. Jadi, itu diserahkan saja kepada Presiden. Enggak semua orang bisa ikut campur," ujar Wiranto di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2017).

Wiranto menilai, Jokowi pasti sudah memiliki pertimbangan yang matang jika memang akan mempercepat pergantian Panglima TNI dalam waktu dekat ini.

"Tentu Presiden mempunyai pertimbangan tertentu untuk mengangkat Panglima TNI yang tepat. Mengangkat Panglima TNI pada kondisi objektif bangsa ini, siapa tahu beliau sudah punya pilihan dan tidak usah diributkan karena pada saatnya harus pensiun. Saya sendiri juga mantan panglima. Kalau mau pensiun tidak ribut," tuturnya.

Namun, ia enggan mengungkapkan soal kemungkinan Jokowi meminta sarannya soal sosok yang dinilai layak menggantikan Gatot untuk mengisi jabatan Panglima TNI. Wiranto meminta publik untuk bersabar mengenai kepastian penggantian Panglima TNI dipercepat atau tidak.

"Soal masukan, itu urusan saya dengan Presiden.Saya tidak sampaikan kepada orang lain. Prosesnya tentu Presiden tidak tiba-tiba. Presiden mendapatkan masukan dari banyak kalangan, banyak staf. Ya, sabar tunggu saja enggak usah dipolemikkan. Enggak usah dibicarakan apalagi diperjudikan. Pergantian biasa kok," tandasnya.[rok]

Tags

Komentar

x