Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 17:51 WIB

Bawaslu Harap IKP Pilkada 2018 Cegah Pelanggaran

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 28 November 2017 | 15:41 WIB

Berita Terkait

Bawaslu Harap IKP Pilkada 2018 Cegah Pelanggaran
Ketua Bawaslu RI, Abhan (tiga kiri), didampingi anggota Bawaslu lainnya saat menghadiri peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu di Jakarta, Selasa (28/11). - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengatakan pihaknya telah merilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilihan Kepada Daerah 2018.

Bawaslu berharap dengan adanya IKP dapat menjadi alat pemetaan, pengukuran potensi, prediksi dan deteksi dini untuk menentukan wilayah-wilayah prioritas yang diidentifikasi sebagai wilayah rawan dalam proses pemilu demokratis.

"Kedua, alat untuk mengetahui dan mengidentifikasi ciri, karakteristik dan kategori kerawanan dari berbagai wilayah yang akan melangsungkan pemilu," kata Abhan di Grand Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).

Dia menjadikan sumber data rujukan, informasi dan pengetahuan serta rekomendasi dalam mengambil keputusan.

Menurut dia, hasil IKP Pilkada Serentak 2018, pihaknya mengintruksikan kepada jajaran pengawas pemilu (Panwaslu) untuk melakukan optimalisasi pencegahan, pengawasan, penindakan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa.

Sementara itu, Bawaslu menyampaikan rekomendasi kepada semua pihak terkait penyelenggaraan Pilkada.

Selain itu, kepada KPU, Bawaslu merekomendasikan supaya menjaga integritas dan profesionalitas jajaran penyelenggara Pilkada meningkatkan kualitas daftar pemilih dengan bersikap tegas dan cermat dalam meminimalisasi terjadinya dukungan ganda dalam mengusung pasangan calon serta memastikan aksesibiltas TPS untuk pemilih.

"Bawaslu merekomendasikan peserta Pilkada untuk melakukan kampanye bersih dengan tidak menggunakan isu SARA, politik uang, memghindari pelibatan aparatur sipil negara (ASN) dan penggunaan fasilitas negara," ujarnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x