Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:35 WIB

Masyarakat Bisa Berperan Jaga Keamanan Pilkada

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Selasa, 28 November 2017 | 15:18 WIB
Masyarakat Bisa Berperan Jaga Keamanan Pilkada
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Irjen Pol Lutfi Rubihanto mengatakan Polri siap untuk mendukung gelaran Pilkada 2018 dari segi keamanan. Masyarakat diminta ikut berperan menjaga kondusifitas keamanan selama Pilkada berlangsung.

Setidaknya terdapat 171 provinsi dan kabupaten kota yang akan menggelar pesta demokrasi secara serentak tersebut

"Kita bersama mengelola mengantisipasi yang mempengaruhi indeks kerawanan (Pilkada 2018) ini dengan maksimal. Masyarakat juga ikut berperan menjaga keamanan," kata Lutfi di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

Lutfi menuturkan, indeks kerawanan pemilu mencakup tiga dimensi yakni dimensi penyelenggara, kontestasi dan partisipasi yang merupakan sebuah gambaran mengenai Pilkada serentak 2018. Seluruh stakeholder akan bahu-membahu gelaran tersebut.

"Seluruh rangkaiannya itu merupakan tanggung jawab kita bersama, karena ini melibatkan seluruh esensitas dan seluruh lapisan masyarakat," ungkap Lutfi.

Lutfi menjelaskan jika Pilkada 2018 mendatang merupakan pendidikan politik terhadap masyarakat, bukan hanya terhadap masyarakat yang memiliki hak suara tetapi juga kepada masyarakat yang tergolong baeu mengenal politik saat ini.

"Sehingga memberikan konsekuensi kepada kita semua bahwa dalam rangka mengantisipasi kerawanan, Polri sudah pasti akan melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap seluruh indikator kerawanan yang ada," tandas Lutfi.[jat]

Komentar

 
x