Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 April 2018 | 04:16 WIB
 

Cuaca Buruk, Nelayan Lebak Tak Melaut

Oleh : - | Senin, 27 November 2017 | 20:32 WIB
Cuaca Buruk, Nelayan Lebak Tak Melaut
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Lebak - Nelayan tradisional di Kabupaten Lebak, Banten sejak tiga hari terakhir tidak melaut lantaran cuaca buruk melanda Perairan Samudera Hindia.

"Kami tidak berani melaut, gelombang cukup tinggi disertai tiupan angin kencang yang membahayakan keselamatan jiwa," kata Iming (45) seorang nelayan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Binuangeun Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak, Senin (27/11/2017).

Cuaca buruk tersebut cukup membahayakan bagi nelayan kecil yang menggunakan kapal perahu kincang bermesin motor tempel sepanjang 1,5 meter dan lebar 1 meter. Karena tidak sanggup menahan gelombang laut hingga ketinggian tiga meter.

Selain itu tiupan angin sangat kencang dan bergerak dari selatan. Begitu juga curah hujan cukup tinggi dengan intensitas ringan dan sedang dan terjadi pagi,siang, sore dan malam hari.

Oleh karena itu, dirinya bersama ratusan nelayan TPI Binuangeun lebih baik memilih tinggal di rumah guna menghindari kecelakaan laut.

"Kami tidak berani melaut karena dipesisir ombak dan tiupan angin cukup kencang," jelasnya.

Sementara itu, Ujang (50), seorang nelayan lainnya mengaku selama beberapa hari ini tidak menangkap ikan akibat gelombang dan tiupan angin cukup tinggi.

Dirinya terpaksa menjadi buruh tani untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. "Kami sudah biasa jika cuaca buruk menjadi usaha buruh tani untuk mencukupi makan keluarga di rumah," tambahnya. [tar]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x