Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:35 WIB

Polri: Facebook jadi Sarang Isu SARA

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Senin, 27 November 2017 | 16:51 WIB
Polri: Facebook jadi Sarang Isu SARA
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Polisi akan gencar melakukan patroli Siber di media sosial menjelang gelaran pilkada Serentak 2018. Sebab media Facebook jadi sarang isu penyebaran SARA.

"Pengguna Facebook itu paling banyak, kedua adalah pengguna Instagram, baru ketiga Twitter. nah yang paling banyak di Facebook (isu SARA)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto usai FGD 'Kesiapan Pilkada Serentak 2018' di Jakarta Selatan, Senin (27/11/2017).

Dia menjelaskan laman Facebook dijadikan sarang oleh para oknum untuk membuat 'fake' account demi menyebarkan isu-isu negatif atau yang berbau dengan SARA. Salah satunya kasus yang terjadi di Sumatera Utara (Sumut).

Beberapa waktu lalu, polisi berhasil mengungkap kasus penghinaan di media sosial terhadap Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dilakukan oleh Muhammad Farhan Balatif (18) alias Ringgo Abdullah.

"Karena Facebook ini yang kita temukan di Medan, ada yang sampai tiga layer. dia menggunakan akun orang lain, kedua juga akun orang lain yang ketiga baru akunnya dia sendiri. ini seorang anak SMK informatika, ini pinter tapi keblinger," terang Setyo.

Setyo pun menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mencoba-coba menyebarkan isu SARA. Dia memastikan operasi siber dari Polri akan digalakan selama 24 jam.

"Jadi yakinkah bahwa kami dari polri insyallah siap untuk melakukan patroli siber dan kepada masyarakat jangan nyoba-nyoba, nanti kalau sudah ketangkap baru nangis, seperti yang di Medan," tegas Setyo.[jat]

Komentar

 
x