Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 23:15 WIB
 

Pilkada 2018, Polisi Akan Belajar dari Pilkada DKI

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 27 November 2017 | 16:17 WIB
Pilkada 2018, Polisi Akan Belajar dari Pilkada DKI
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pesta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 tinggal beberapa bulan lagi. Polri yang bertugas melakukan pengamanan mengaku siap untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan gelaran Pilkada serentak di 171 daerah itu akan menjadi perhatian yang serius. Polri diyakini harus belajar dari pengalaman Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

"Belajar dari pengalaman Piliada DKI dimana penggunaan media sosial sangat menonjol dan bahkan seakan-akan sudah dalam tanda petik Pilpres. Pilgub rasa Pilpres," ucap Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (27/11/2017).

Setyo menjelaskan peta kerawanan Pilkada 2018 ini sudah dipantau oleh Polri. Setidaknya beberapa daerah gemuk seperti Jawa Barat hingga Papua menjadi atensi lebih untuk dilakukan pengamanan.

"Ini yang perlu di antisipasi. karena Pilkada 2018 berlangsung di daerah boleh dikatakan daerah-daerah yang gemuk. Daerah gemuk ini artinya potensi kerawanannya tinggi.
seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara dan satu lagi Papua," kata Setyo.

Setyo menambahkan tolak ukur dalam gelaran Pilkada 2018 bisa dilihat dari segi pengamanan. Dia pun meminta kepada stakholder terkait untuk ikut berperan dalam menjaga gelaran pesta demokrasi ini bisa berjalan sesuai harapan.

"Pilkada ini salah satu tolak ukurannya pengamanan. Tolak ukur utamanya pengamanan, dengan adanya KPU yang sukses menjadi penyelangara bisa jadi tolak ukur. Tapi saya ingin katakan disini bahwa keamanan dalam Pilkada ini sangat-sangat menentukan. Oleh sebab itu peran dari semua stakeholder baik dari aparat keamanan itu sendiri maupun penyelenggara masyarakat, parpol dan semuanya sangat penting," jelas Setyo.

Setyo pun berharap gelaran Pilkada serentak 2018 ini bisa berjalan aman dan tertib. Dia ingin informasi-informasi yang menyejukkan selama gelaran Pilkada terus dijaga. Dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut berpastipasi dalam gelaran pesta demokrasi ini sesuai dengan prosedur yang ada. [ton]

Komentar

Embed Widget

x