Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 21:56 WIB

Polri Diminta Segera Seret Agus-Saut ke Pengadilan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 26 November 2017 | 19:45 WIB
Polri Diminta Segera Seret Agus-Saut ke Pengadilan
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengatakan penyidik Bareskrim Polri harus segera menyeret Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang ke meja hijau pasca diterbitkannya SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan).

"Jika kita mau negara hukum tegak, maka proses hukum kepada siapa pun harus segera diproses dan dibawa ke muka persidangan," kata Fahri saat dihubungi di Jakarta, Minggu (26/11/2017).

Ia menjelaskan masyarakat telah dipertontonkan tindakan KPK yang sangat mengabaikan norma dan hukum, sehingga terkesan diskriminatif terhadap orang tertentu. Di sisi lain, polisi tidak berani memproses pejabat KPK yang terkena kasus.

"Maka, disini tampak inkonsistensi yang kasar, hukum pandang bulu. Polisi harus tegak lurus," ujarnya.

Untuk diketahui, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri telah mengeluarkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dengan terlapor Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Surat itu tertanggal 7 November 2017 dengan Nomor: B/263/XI/2017/DitTipidum yang ditujukan kepada Jaksa Agung di Jakarta dan ditandatangani oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Herry Rudolf Nahak.

Pada 7 November 2017, diberitahukan bahwa telah dimulai penyidikan terhadap dugaan tindak pidana membuat surat palsu atau memalsukan surat dan menggunakan surat palsu dan/atau penyalahgunaan wewenang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 263 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan/atau Pasal 421 KUHP yang diduga dilakukan oleh terlapor Saut Situmorang, Agus Rahardjo, dkk. [hpy]

Komentar

 
x