Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 21:57 WIB

Usung Emil, Kaderisasi Demokrat Dinilai tak Jalan

Oleh : Abdullah Mubarok | Minggu, 26 November 2017 | 10:02 WIB
Usung Emil, Kaderisasi Demokrat Dinilai tak Jalan
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pembajakan kader partai lain kembali dilakukan oleh Partai Demokrat. Terbaru adalah Emil Dardak, Bupati Trenggalek yang kader PDI Perjuangan.

Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu membajak Emil untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim pada tahun 2018.

Pengamat politik LIPI Siti Zuhro menilai pembajakan Emil oleh SBY ini membuktikan Partai Demokrat kekurangan kader untuk berlaga di PIlgub Jatim 2018.

"Tentu Demokrat krisis kader," kata Siti saat dihubungi wartawan, Minggu (26/11/2017).

Menurut Siti, pembajakan Emil oleh SBY adalah bentuk pragmatisme politik dengan menambal sulam calon dalam pilkada."Tambal sulam ini targetnya cuma menang," kata Siti.

Seharusnya, kata Siti, partai konsisten menjalankan proses kaderisasi yang benar dengan mekanisme dan alur berjenjang yang telah ditetapkan.

"Kalau ini (pembajakan) konsistensinya untuk merebut kekuasaan," kata Siti.

Soal pemecatan Emil oleh PDI Perjuangan, Siti menilai itu merupakan hal yang wajar. "Tentu (lompat-lompat partai) itu tidak etis dalam berpolitik. Tidak boleh dan tidak seharusnya," ujarnya.

Seperti diketahui, Khofifah-Emil resmi diusung Partai Demokrat setelah keduanya bertemu dengan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pasangan ini akan betarung dengan pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan dan PKB, Saifullah Yusuf dan Azwar Anas. [ind]

Komentar

 
x