Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 22:10 WIB

20 DPD Dukung Munaslub Golkar

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 23 November 2017 | 21:23 WIB
20 DPD Dukung Munaslub Golkar
(Foto: inilahcom/Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Sekjen Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Ali Mochtar Ngabalin menyebut ada 20 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang ingin digelarnya Munaslub. Keinginan ini didasari atas status tersangka Ketum Golkar Setya Novanto dalam kasus korupsi e-KTP.

Ngabalin mempertanyakan para pengurus di daerah yang mendorong adanya Munaslub. Dia meminta kepada pengurus untuk mentaati hasil rapat pleno beberapa waktu lalu yakni menunggu hasil praperadilan Setya Novanto.

"Makanya saat tadi saya dikasih tahu teman-teman DPD I telah bergerak 15-20 DPD, saya bilang enggak bisa. Sebagai kader partai, sebagai pengurus, mereka harus tunduk pada semua ketetapan organisasi," kata Ngabalin kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2017).

Ngabalin meminta kepada pengurus partai untuk mengedepankan asas praduga tak bersalah terhadap ketua umum mereka. Dia tak ingin ada yang melenceng dari hasil rapat pleno lalu.

"Bersabar sedikit, jangan ada yang kebelet. Cepat atau lambat ini barang akan selesai. Kita punya ketum yang baru atau selesai dalam menghadapi situasi politik. Jangan kita menari di gendang orang lain," tutur Ngabalin.

Dia mengajak kepada para pengurus untuk berbicara baik-baik dengan Setya Novanto agar legawa mundur dari Ketum Golkar secara terhormat. Jika dengan cara mendesak Munaslub, maka pengurus tersebut sudah melanggar aturan hasil rapat pleno.

"Saya malah mengusulkan Pak Novanto untuk kehormatan dirinya dan Partai Golkar, ajaklah bicara baik-baik dengan beliau, sentuh hatinya. Nggak mustahil beliau akan katakan dengan kesadaran dirinya untuk berhenti dan persilakan teman-teman lain memimpin partai ini," harap Ngabalin.

Perlu diketahui, untuk menggelar munaslub, dibutuhkan setidaknya dua pertiga dukungan DPD I Golkar yang jumlahnya 34. Artinya, jika klaim Ngabalin benar, dibutuhkan setidaknya dukungan 3 DPD I lagi untuk mencapai jumlah 23. [ton]

Komentar

 
x