Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 11:07 WIB

88 PNS dan 1 TNI Terdata di Keanggotaan Parpol

Selasa, 21 November 2017 | 10:11 WIB

Berita Terkait

88 PNS dan 1 TNI Terdata di Keanggotaan Parpol
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Kediri - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur mendapati adanya pegawai negeri sipil (PNS) serta TNI yang masih aktif terdata di berkas penelitian administrasi partai politik.

Dari temuan itu, maka keanggotaan mereka terpaksa dicoret dari partai.

"Kami sudah melakukan verifikasi vaktual, dan ternyata kami menemukan ada PNS dan TNI yang juga terdata. Kami langsng menemui mereka memastikan keanggotaan tersebut," kata Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik, Selasa (11/11/2017).

Dari data yang masuk untuk PNS yang masih aktif mencapai 88 orang. Sementara, untuk TNI ada satu orang. Dari pengakuan mereka, ternyata tidak tahu jika KTP mereka dimasukkan sebagai anggota partai politik. Mereka juga dari berbagai partai politik yang terdata di KPU Kota Kediri.

"Dari pengakuan mereka, tidak tahu bagaimana asal usulnya, sehingga tiba-tiba dimasukkan menjadi anggota. Kami tunjukkan dan mereka kaget dan menegaskan bahwa tidak masuk menjadi anggota partai," katanya.

Bahkan ada salinan KTP yang ditunjukkan pada anggota TNI aktif justru merasa marah. Karena anggota TNI itu baru dua bulan pindah ke Kediri dari yang sebelumnya berdinas di Kota Malang.

"Kami sudah meminta surat pernyataan bahwa mereka bukan anggota partai. Jadi, dengan surat itu dinyatakan tidak memenuhi persyaratan dan ini sudah tidak ada tindakan lagi," jelasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x