Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 06:55 WIB

Jenguk Novanto Harus Seizin KPK

Sabtu, 18 November 2017 | 18:22 WIB

Berita Terkait

Jenguk Novanto Harus Seizin KPK
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - KPK resmi menahan tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (KTP-el), Setya Novanto untuk 20 hari kedepan sejak 17 November 2017.

Namun, KPK langsung membantarkan Ketua DPR RI itu di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk menjalani perawatan medis setelah yang bersangkutan mengalami kecelakaan.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, tidak semua orang bisa menjenguk Novanto di RSCM dengan bebas. Bagi pihak yang ingin menjenguk harus seizin KPK. Sebab, saat ini Novanto adalah tahanan KPK.

"Siapa saja yang bisa datangi tersangka harus seizin KPK, sama seperti halnya dengan perlakuan yang dilakukan terhadap pihak-pihak masa penahanan. Saya kira jelas harus melalui izin penyidik KPK," kata Febri Diansyah, Sabtu (18/11/2017).

Perlakukan ini, kata dia, tidak berbeda dengan mekanisme atau aturan kunjungan di Rumah Tanahan (Rutan). Hanya saja, mengenai waktu kunjungan menyesuaikan jadwal rumah sakit.

"Ada beberapa perlakuan yang sama antara proses penahanan yang dilakukan di Rutan KPK misalnya dengan ketika pembantaran penahanan untuk jenguk atau besuk," kata dia.

Adapun Novanto ditahan sejak Jumat (17/11/2017) untuk 20 hari pertama. Pembantaran pun tak mempengaruhi masa tahanan Novanto nantinya di Rutan KPK. [ind]

Komentar

Embed Widget
x