Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 03:59 WIB

Kapolri: Keputusan Kasus Agus-Saut Tunggu Ahli

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Rabu, 15 November 2017 | 14:22 WIB
Kapolri: Keputusan Kasus Agus-Saut Tunggu Ahli
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan penyidik saat ini sedang meminta keterangan saksi ahl terkait kasus dugaan pemalsuan surat dan penyalahgunaam wewenang yang dilakukan dua pimpinan KPK.

Tito menyebut penyidik akan segera menentukan sikap apakah ada unsur pidana atau tidak dalam kasus ini berdasarkan keterangan para ahli.

"Sekarang ini proses pengumpulan keterangan ahli yang lain, kalau nanti keterangan ahli lain menyatakan bahwa ini tidak ada, bukan tindak pidana, kita hentikan," kata Tito di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

Tito menjelaskan dalam KUHAP, polisi berhak menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP), meski begitu SPDP tersebut tak menjamin adanya tersangka. Bahkan dalam penyidikan bisa saja dihentikan ditengah jalan.

Saat ditanya wartawan kapan tenggat waktu bagi penyidik untuk menentukan hal tersebut, Tito menjawab singkat. "Secepatnya," jawab Tito sambil meninggalkan wartawan.

Seperti diketahui, Ketua KPK, Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dilaporkan pengacara Setya Novanto, Sandy Kurniawan pada 9 Oktober 2017 dengan nomor LP/1028/X/2017/Bareskrim.

Kedua pimpinan KPK itu dilaporkan atas dugaan tindak pidana membuat surat palsu atau memalsukan surat dan menggunakan surat palsu serta menyalahgunakan wewenang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 263 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan/atau Pasal 421 KUHP.

Laporan tersebut kini naik ke tingkat penyidikan setelah penyidik Dittipidum Bareskrim Polri memeriksa 1 saksi ahli bahasa, 3 saksi ahli pidana, 1 saksi ahli hukum tata negara dan 1 pelapor. penyidik juga sudah melakukan gelar perkara.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x