Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 04:06 WIB

Diperiksa KPK Soal e-KTP

Novanto Harus Beri Contoh yang Baik ke Publik

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 15 November 2017 | 01:12 WIB
Novanto Harus Beri Contoh yang Baik ke Publik
Peneliti Senior Formappi, Lucius Karus - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Forum Masyarakat Pemantau Parlemen Indonesia (Formappi) meminta kepada Setya Novanto memberikan contoh yang baik selaku Ketua DPR dalam menghormati proses hukum.

Dalam hal ini, Novanto harus menghormati dan patuh untuk datang dalam pemeriksaan KPK terkait kasus dugaan korupsi e-KTP.

"Dia harus menunjukkan kepada publik, bahwa sebagai seorang pemimpin, tanggung jawab untuk memberikan contoh kepada publik itu sangat penting," kata Peneliti Senior Formappi, Lucius Karus saat dikonfirmasi INILAHCOM, Selasa (14/11/2017).

Menurut dia, Novanto harus bersikap bijak dalam menghadapi proses hukum daripada membuat polemik baru dengan mempermasalahkan soal prosedural pemanggilan saksi oleh KPK yang harus disertai izin presiden khususnya anggota DPR.

"Sesungguhnya kacaunya pengaturan soal mekanisme pemanggilan anggota DPR oleh penegak hukum menjadi tangung jawab DPR," jelasnya.

Lucius menilai selama ini DPR membiarkan beberapa undang-undang tidak sempurna agar bisa mengakomodasi kepentikan mereka.

"Jadi tak pantas jika DPR menjadikan UU yang tidak disempurnakan dijadikan alasan untuk menghindar dari KPK," ujarnya.

Dia mengungkap respon yang tepat sesuai dengan porsi tanggung jawab DPR sebagai pembuat legislasi seharusnya dengan patuh pada panggilan KPK sambil menunggu langkah DPR untuk segera menyelaraskan ketentuan dalam UU soal prosedur yang standar pemanggilan pejabat publik oleh penegak hukum.

"Saya melihat yang terjadi saat ini dalam kasus Pak Setya Novanto ini adalah mengkapitalisasi kelemahan UU untuk merasionalisasi ketakpatuhannya terhadap hukum," ungkapnya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x