Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 04:03 WIB

Usakti Masih Tunggu Waktu untuk Jadi PTN

Oleh : - | Selasa, 14 November 2017 | 21:21 WIB
Usakti Masih Tunggu Waktu untuk Jadi PTN
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Proses Reposisi Universitas Trisakti (Usakti) untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) Otonom hingga kini masih belum diputuskan.

Namun, sepertinya saat ini hal tersebut semakin menemukan titik terang dengan dikeluarkannya surat keputusan Peninjauan Kembali (PK) yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung (MA).

Selain itu, Putusan PK Mahkamah Agung juga memperkuat penetapan dari Menteri Keuangan bahwa Universitas Trisakti adalah merupakan Barang Milik Negara.

Ketua Tim Reposisi dan Penegerian Usakti, Dadan Umar Daihani menilai dengan adanya putusan Mahkamah Agung tentu jalan bagi Universitas Trisakti untuk menjadi PTN-BH Otonom akan semakin terbuka.

Karena menurut dia, putusan ini sebagai jawaban dari segala jerih payah Sivitas Akademika Usakti dalam meluruskan sejarah Universitas Trisakti yang sebenarnya terbentuk sejak awal sebagai PTN.

"Terlebih pemerintah kini sudah hadir di Universitas Trisakti dengan ditempatkannya salah satu Dirjen Kemenristek Dikti yang diberikan tugas khusus oleh negara sebagai Pejabat Rektor Sementara di Universitas Trisakti," katanya, Selasa (14/11/2017).

Ia menjelaskan dengan ditetapkannya aset Usakti sebagai barang milik negara, maka kehadiran pemerintah guna menjaga aset negara itu jelas menunjukkan adanya dukungan pemerintah yang membantu terwujudnya status Usakti menjadi PTN-BH Otonom.

"Sekarang kita tinggal menunggu bola dan kini berada di tangan pemerintah bergulir, kami telah menjadi mandiri sejak pertama kali kami berdiri, sejarah telah memperlihatkan hal tersebut dan sesungguhnya ini merupakan formalisasi dari jati diri subyek hukum otonom yang melekat pada Usakti sejak kelahirannya," ujarnya. [ton]

Tags

Komentar

 
x