Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 04:04 WIB

Usai KTT ASEAN, Jokowi akan Tinjau Tol di Manado

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 14 November 2017 | 19:36 WIB
Usai KTT ASEAN, Jokowi akan Tinjau Tol di Manado
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Manado - Usai menghadiri KTT ASEAN Ke-31 di Manila, Filipina, Presiden Jokowi langsung terbang ke Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/11/2017) malam.

Jokowi diagendakan tiba di Manado dengan menumpangi Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 di Lanud Sam Ratulangi, Manado pada Rabu (15/11/2017) dini hari.

Adapun kunjungan Jokowi salah satunya meninjau perkembangan proyek pembangunan Jalan Tol Ruas Manado-Bitung.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun telah ada di lokasi hari ini untuk meninjau perkembangan proyek tersebut.

Dalam kesempatan ini, Basuki tampak didampingi oleh Kepala Badan Usaha Jalan Tol (BPJT) Herry TZ dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani.

Adapun jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini memiliki total panjang 39,9 Km yang dibagi mejadi 4 seksi.

PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) sebagai pemegang konsesi ruas SS Airmadidi -Bitung pun terbagi menjadi dua seksi sepanjang 25 Km, yaitu seksi II A (Airmadidi-Danowudu) dan II B (Danowudu-Bitung).

Sisa yang juga akan dibangun adalah konstruksi Seksi I A: Ring Road Manado-Sukur (7,9 Km) dan Seksi I B: Sukur-Air Madidi (7 Km) dibangun oleh Pemerintah.

Basuki mengharapkan kunjungannya dalam peninjauan ini akan berdampak pada percepatan pembangunan proyek Jalan Tol Manado-Bitung.

"Nantinya, dengan dukungan infrastruktur jalan tol yang 65 persen sahamnya dipegang oleh Jasa Marga ini akan menjadi jalan alternatif untuk menuju dan dari pelabuhan laut yang ada di wilayah Bitung," kata Basuki di lokasi, Selasa (14/11/2017) malam.

Selain itu, ia juga mengharapkan agar Jalan Tol Manado-Bitung diharapkan mampu memecahkan permasalahan transportasi darat di tanah air.

"Tentunya yang akan berdampak pada perkembangan perekonomian di Indonesia, khususnya Sulawesi," ucapnya.[jat]

Tags

Komentar

 
x