Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 12:40 WIB

Badan Ketahanan Pangan Sosialisasi Soal HET Beras

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 14 November 2017 | 15:11 WIB
Badan Ketahanan Pangan Sosialisasi Soal HET Beras
Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Makassar - Badan Ketahanan Pangan melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan 57 Tahun 2017 tentang penetapan harga eceran tertinggi (HET) dan Peraturan Menteri Pertanian 31 Tahun 2017 tentang kelas mutu beras di Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan pertemuan ini merupakan upaya Badan Ketahanan Pangan untuk meningkatkan pemahaman tentang kebijakan perberasan terkini, terutama terkait dengan penentuan harga eceran tertinggi serta klasifikasi kelas mutu beras.

"Diharapkan kita semua dapat menjaga komitmen untuk mendukung upaya stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok dan strategis yang salah satunya adalah beras," katanya di Makassar, Selasa (14/11/2017).

Ia menjelaskan pemerintah memandang penting upaya untuk menjaga stabilisasi harga dan pasokan pangan sebagai bagian dalam pembangunan ketahanan pangan. Dalam tiga tahun terakhir, berbagai upaya yang dilaksanakan pemerintah dalam rangka pengendalian harga pangan secara signifikan telah menunjukkan keberhasilan.

"Seiring dengan menurunnya pengaruh komponen bahan pangan terhadap inflasi," ujarnya.

Menurut dia, berbagai regulasi telah ditetapkan untuk mengatur dan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dimana Pemerintah Pusat dan Daerah bertugas mengendalikan dan bertanggung jawab atas ketersediaan bahan pangan pokok dan strategis di seluruh wilayah Indonesia.

"Bahan pangan pokok dan strategis tersebut harus tersedia dalam jumlah yang memadai, memenuhi standar mutu serta pada tingkat harga yang wajar untuk menjaga keterjangkauan pangan bagi masyarakat," jelas dia. [ton]

Komentar

 
x