Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 12:42 WIB

Sulsel Penyumbang Besar Swasembada Pangan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 14 November 2017 | 14:10 WIB
Sulsel Penyumbang Besar Swasembada Pangan
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Makassar - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Fitriani mengatakan wilayah Provinsi Sulawesi Selatan menjadi penyumbang yang cukup besar dalam swasembada pangan.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan 57 Tahun 2017 tentang penetapan harga eceran tertinggi (HET) beras dan Peraturan Menteri Pertanian 31 Tahun 2017 tentang kelas mutu beras di Sulawesi Selatan.

"Provinsi Sulawesi Selatan kontribusi swasembada pangan, cukup besar sumbangannya," kata Fitriani di Makassar, Selasa (14/11/2017).

Menurut dia, masyarakat yang bergabung dalam komuniti pangan bekerja sudah sangat bagus sehingga Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan apresiasi terhadap Provinsi Sulawesi Selatan yang mendukung program swasembada pangan.

"Alhamdulillah komuniti pangan di Sulsel kurang lebih 9 juta jiwa terpenuhi dan kita membawa padi ke 22 provinsi," ujarnya.

Ia berharap ketahanan pangan di Sulawesi Selatan masyarakat pada umumnya dapat memanfaatkan pekarangannya untuk dikonsumsi, namun bisa juga menjual hasilnya untuk menambah pendapatan keluarga. Sebab, program prioritas ketahanan pangan adalah pengembangan usaha pangan masyarakat.

"Ada juga program Toko Tani Indonesia, di Sulawesi Selatan sudah berkembang saat ini bisa dijadikan rule model supaya masyarakat betul-betul bisa tersenyum dan petani tersenyum. Istilahnya, petani tersenyum, konsumen tersenyum. Itulah kegiatan ketahanan pangan," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x