Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 03:47 WIB

Demi Madura jadi Provinsi, Pamekasan akan Dipecah

Oleh : - | Senin, 13 November 2017 | 18:17 WIB
Demi Madura jadi Provinsi, Pamekasan akan Dipecah
(Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Pamekasan - DPRD Pamekasan kembali melemparkan wacana pemekaran daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, untuk dijadikan wilayah kota dan kabupaten.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ismail usai menggelar rapat lintas fraksi yang digelar di salah satu ruang komisi di gedung wakil rakyat yang beralamat di Jl Kabupaten 107.

Rapat tersebut digelar sebagai upaya menindak lanjuti yudicial review Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK), beberapa waktu lalu.

Selama ini, keberadaan empat kabupaten di Madura selalu menjadi 'penjanggal'. Sebab syarat minimal provinsi seharusnya terdiri dari lima kabupaten. "Untuk mempercepat Madura menjadi provinsi, pemekaran wilayah harus segera dilakukan," kata Ismail, Senin (13/11/2017).

"Jika kabupaten lain tidak bisa (dipecah), kami menginginkan Pamekasan dipecah menjadi Kota dan Kabupaten," sambung politisi muda Partai Demokrat yang kembali menghidupkan upaya Madura Provinsi.

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, sebab pihaknya menilai Pamekasan sangat layak untuk dimekarkan. "Seperti kita tahu, secara geografis Pamekasan berada di tengah-tengah (tiga kabupaten lain di Madura)," jelasnya.

"Apalagi juga pernah menjadi ibu kota kresidenan Madura, jadi jika provinsi Madura terbentuk, maka Pamekasan akan menjadi ibu kota Provinsi," pungkas Ismail.[beritajatim]

Komentar

 
x