Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 12:41 WIB

Kata Wakapolri Terkait SPDP Agus dan Saut

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 13 November 2017 | 15:15 WIB
Kata Wakapolri Terkait SPDP Agus dan Saut
Wakapolri Komjen Syafruddin - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin mengatakan, tidak ada kewajiban bagi penyidik dalam melaporkan dimulainya berkas penyidikan suatu perkara atau SPDP.

Termasuk tidak ada kewajiban melaporkan SPDP pimpinan KPK yang diterbitkan penyidik Polri beberapa waktu lalu.

"Kapolri dan saya ketika di Australia sudah menjelaskan tentang SPDP ini, Kapolri tidak dilapori, karena memang tidak ada kewajiban untuk melaporkan kepada Kapolri," kata Syafrudin di Polda Metro Jaya, Senin (13/11/2017).

Namun Syafrudin mengaku bahwa Kapolri Jenderal Tito Karnavian memang meminta penjelasan dan klarifikasi dari penyidik terkait SPDP pimpinan KPK tersebut.

"Kapolri sudah menegur Dirtipidum Mabes Polri, Dirpidum Bareskrim Polri tentang SPDP ini, sudah menegur," ujarnya.

Syafruddin juga meminta agar tidak ada yang mengadu domba Polri dengan KPK. "Jangan ada pihak-pihak yang mau mengadu domba antara KPK dan polri," tandasnya.

Seperti diketahui, Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait pemalsuan surat cekal ke Imigrasi dan dugaan penyalahgunaan wewenang. Dalam SPDP tersebut pasal yang dikenakan terhadap keduanya yaitu, Pasal 263 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 serta Pasal 421 KUHP.[jat]

Komentar

 
x