Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 03:57 WIB

Jokowi Didesak Segera Cari Pengganti Panglima TNI

Oleh : Agus Irawan | Minggu, 12 November 2017 | 17:30 WIB
Jokowi Didesak Segera Cari Pengganti Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Direktur Imparsial, Gufron Mabruri mengatakan koalisi masyarakat sipil mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk secepatnya melakukan pergantian Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Koalisi masyarakat itu terdiri dari beberapa lembaga sosial seperti Imparsial, Elsam, Kontrad, Setara institute, HRWG, Institut Demokrasi, Indonesia Corruption Wacth (ICW) serta Lingkar Mardani Indonesia

"Kami menilai sudah seharusnya Presiden Jokowi agar segera melakukan proses pergantian Panglima TNI," katanya di Jakarta, Minggu (12/11/2017).

Menurut dia, ada tiga alasan yang menjadikan pergantian Panglima TNI harus segera dilakukan yakni mengacu pada Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 pergantian Panglima TNI membutuhkan persetujuan DPR.

"Oleh karena itu, proses pergantian yang dilakukan secepat mungkin dapat menghindari pengambilan keputusan yang terburu-buru," ujarnya.

Ia menjelaskan pengajuan nama calon Panglima TNI baru sebagai pengganti Gatot dari sekarang akan memberikan ruang bagi DPR untuk mencermati dan memeriksa profil kandidat sebelum memberikan keputusan kepada calon pengganti Gatot.

"Kedua hal tersebut akan memberikan ruang untuk masyarakat sipil ikut berpatisipasi dalam menilai sosok kandidat calon Panglima," jelas dia.

Ia menilai masukan dari publik bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan Presiden Jokowi.

"Dengan cepat berjalannya proses pergantian Panglima TNI dilakukan akan sedikit banyak membantu mempelancar proses transisi manajerial organisasi di dalam tubuh Mabes Polri," tandasnya.[ris]

Komentar

 
x