Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 03:58 WIB

Novanto Kembali Tersangka

Golkar Diminta Segera Tunjuk Pemimpin Baru

Oleh : Agus Irawan | Minggu, 12 November 2017 | 10:29 WIB
Golkar Diminta Segera Tunjuk Pemimpin Baru
Ketua Umum Golkar Setya Novanto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Golkar Setya Novanto dinilai tak akan fokus secara penuh memimpin partai beringin pasca penetapan kembali status tersangka terhadap dirinya, Jumat (10/11/2017).

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengungkapkan, hal ini dikarenakan Novanto bakal berkontrasi dalam menghadapi kasus e-KTP yang kembali menjeratnya.

"Golkar adalah partai besar. Saya fikir dalam memimpin parpol yang sebesar tersebut tidak bisa disambi. Jadi saatnya Golkar harus melakukan koordinasi internal dengan menunjuk pemimpin yang full time, " ujar Emrus kepada INILAHCOM, Minggu (12/11/2017).

Untuk itu, menurutnya perlu dilakukan dialog politik di internal parpol, dengan menunjuk pelaksana tugas sementara.

"Atau tidak tertutup kemungkinan digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang diselenggarakan dengan secepatnya," katanya.

Lebih jauh, ia mengingatkan bahwa Golkar akan segera menghadapi hajat politik yakni Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019.

Menurutnya, Golkar membutuhkan sosok pemimpin yang mampu mengambil strategi secara tepat dan tidak memiliki sandra politik atau hukum.

"Saatnya Novanto bersikap legowo, demi kepentingan partai Golkar. Jangan terus melakukan manuver, sebab dia sudah mendapatkan keutungan sebagai Ketua Umum DPP Golkar dan Ketua DPR RI," pungkasnya.

Komentar

 
Embed Widget

x