Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 12:38 WIB

KPK 'Pasang Badan' untuk Penyidik yang Dilaporkan

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 10 November 2017 | 13:59 WIB
KPK 'Pasang Badan' untuk Penyidik yang Dilaporkan
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menegaskan akan 'melindungi' penyidiknya yang juga dilaporkan ke kepolisian bersamaan dirinya dan Agus Rahardjo.

Suat bahkan menyebut bahwa laporan tersebut justru membuktikan kalau di institusinya tak berjalan atas kemauan satu dua orang tertentu, melainkan karena suatu sistem yang tercipta sudah sangat baik.

"Ya karena kan disebutkan bahwa mereka (24 Penyidik) bagian dari sistem. Yang menuntut juga kan menganggap bahwa mereka juga bagian dari sistem di KPK. Itu bagus, menunjukkan bahwa sistem di KPK bekerja," kata Saut di KPK, Jumat (10/11/2017).

Surat pencegahan untuk Novanto, keluar atas persetujuan banyak unsur di KPK. Itu justru melalui gelar perkara sejumlah pihak berwenang di lembaganya, dan kemudian diputusan lagi secara kolektif kolegial oleh pimpinan KPK.

"Saut Situmorang menandatangani itu bukan keinginan saya pribadi, ya enggak. Itu memang sistem yang bekerja. Ya penyidik yang mengajukan langkah-langkah berikut seperti apa, dan pimpinan memutuskan. Jadi itu sudah betul, karena mereka bagian dari sistem. Itu menunjukan nanti kita menjawab bahwa sistem bekerja di KPK," kata Saut.

Untuk diketahui, saat ini Dittipidum Bareskrim Polri telah menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) atas laporan kubu Novanto ini. Namun, status Agus dan Saut masih sebatas terlapor.

Selain dua pimpinan, rupanya ada juga laporan yang masuk ke KPK dan menjadikan 24 penyidik di KPK sebagai terlapor.[jat]

Komentar

 
x