Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 01:42 WIB

Jokowi Ingin Nurtanio Tembus Pasar Dunia

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 10 November 2017 | 11:17 WIB
Jokowi Ingin Nurtanio Tembus Pasar Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan pesawat buatan dalam negeri N219 dapat segera dikomersilkan dalam industri penerbangan setelah dilakukan uji coba terbang dan dinamakan Nurtanio.

"Ya, kalau sudah selesai artinya proses selanjutnya adalah bisnis. Harus bisa dipasarkan ke dunia industri," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (10/11/2017).

Kepala Negara memastikan kebutuhan anggaran hingga Rp200 miliar untuk memproduksi pesawat ini tak menjadi masalah.

Hal yang ditegaskannya adalah agar pesawat Nurtanio ini memiliki nilai jual yang kompetitif sehingga bisa menembus pasar dirgantara dunia dan dilirik untuk dibeli oleh negara lain.

"Ini harus bisa masuk komersial dunia industri. Harus ada yang beli, sehingga industri pesawat kita berkembang. (Anggaran) saya kira enggak ada masalah," ucapnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi memilih nama Nurtanio untuk pesawat N219. Ia mengungkapkan nama ini diambil dari sosok pejuang bangsa Laksamana Muda Udara Anumerta Nurtanio Pringgoadisuryo.

Kepala Negara pun mengharapkan pesawat yang berkapasitas 19 penumpang dan bermesin ganda ini dapat terus dilanjutkan produksinya agar bisa dinikmati manfaatnya untuk rakyat Indonesia. [rok]

Tags

Komentar

 
x