Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 01:43 WIB

Indonesia-Korsel Teken Tiga MoU

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 9 November 2017 | 23:45 WIB
Indonesia-Korsel Teken Tiga MoU
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Joko Widodo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengungkapkan negaranya akan fokus meningkatkan kerjasama dalam aspek perlindungan hak asasi manusia, demokrasi dan pertumbuhan ekonomi dengan Indonesia.

"Untuk kerja sama ke depannya, kami sepakat akan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara ke kemitraan strategis khusus, menyumbang kerangka kerja sama ASEAN dan perdamaian dan kemakmuran di seluruh Asia," kata Presiden Moon di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017).

Untuk itu, lanjutnya, kedua negara telah bersepakat mempererat kerja sama di 4 bidang. Pertama, penguatan kerja sama strategis di bidang keamanan.

"Untuk kelancaran komunikasi strategis, kedua negara sepakat untuk membentuk pertemuan yang pemerintah luar negeri dan pertahanan bersama," katanya.

Kerja sama Indonesia dan Korsel dalam masalah keamanan juga sepakat akan memperdalam kerja sama bidang industri pertahanan, termasuk kelancaran pembangunan bersama jet tempur generasi masa depan.

"Kerja sama kedua, kedua negara akan memperkuat kerjasama ekonomi yang didasari pertumbuhan ekonomi yang bersifat toleran dan lebih mementingkan rakyat. Kami telah menyepakati juga, meningkatkan jumlah perdagangan ditargetkan US$ 30 miliar sampai 2022. Jumlahnya dua kali lipat dari sekarang," ujarnya.

Selain itu, kedua negara akan memprioritaskan kerja sama infrastruktur yang lebih dapat dirasakan oleh masyarakat seperti manajemen air, transportasi hingga listrik.

Indonesia dan Korsel pun telah bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang otomotif, pariwisata, industri konten, energi ramah lingkungan dan lingkungan hidup.

"Dengan pengertian bahwa UKM sehat akan mendorong penghasilan keluarga, lalu hal itu akan menjadi fondasi pertumbuhan ekonomi toleran. Maka kedua negara akan mencari cara bersama untuk mendukung kegiatan UKM," ungkapnya.

Kerjasama ketiga, kedua negara akan memperluas pertukaran perlindungan masyarakat dalam rangka memperkokohkan hubungan bilateral.

"Untuk itu, kami akan menambah upaya untuk perlindungan masyarakat kedua negara, khususnya pada bulan Februari di Korea akan diselenggarakan olimpiade musim dingin dan Agustus tahun depan di Jakarta dan Palembang ada ASEAN Games," jelasnya.

Kerja sama keempat, kata Presiden Moon, kedua negara akan mempererat kerja sama di tingkat regional dan global.

"Khusunya saya meminta pres Jokowi untuk dukungan penuh agar kebijakan kami memperkuat negara ASEAN bisa direalisasikan," imbuhnya.

Adapun pada pertemuan ini, kedua negara menandatangani tiga nota kesepahaman (MoU), yakni:

1. MoU Kesehatan antara Kementerian Kesehatan RI dengan Kementerian Kesejahteraan Korea dan Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-Wha,

2. MoU Perindustrian antara Kementeri Perdagangan RI dengan Menteri Industri dan Energi Paik Un-gyu,

3. MoU Transportasi dengan Menteri Pertanahan Infrastruktur Korsel.[jat]

Komentar

 
x