Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 12:32 WIB

Pilpres 2019

Cawapres Jokowi Diharap Paham Islam Moderat

Oleh : - | Kamis, 9 November 2017 | 20:11 WIB
Cawapres Jokowi Diharap Paham Islam Moderat
Anggota Fraksi PKB DPR Maman Imanul Haq (tengah), Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon (kiri) dan Analis Politik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas (kanan) - (Foto: inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Sekjen PKB, Maman Imanulhaq menilai Indonesia membutuhkan sosok calon wakil presiden dari kalangan santri yang memiliki pemahaman Islam transformatif dan Islam moderat.

Menurut dia, hal tersebut untuk mengantisipasi langkah beberapa pihak yang menggoreng isu Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan (SARA).

"Banyak yang menggoreng isu SARA sehingga dibutuhkan calon wakil presiden yang mendampingi Pak Joko Widodo di Pilpres 2019 adalah dari kalangan santri yang memahami islam moderat dan transformatif," katanya, Kamis (9/11/2017).

Anggota DPR RI ini menyinggung nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang dinilai memiliki sosok tersebut. Karena politik Indonesia yang dinamis saat ini memunculkan seorang ke atas dengan menggoreng isu SARA sehingga bisa berbahaya.

"Cak Imin mendapatkan dukungan dari kelompok santri dan kelompok pluralis, dukungan ini dibiarkan saja mengalir karena hingga saat ini PKB belum mengambil sikap resmi," ujarnya.

Ia mengatakan dorongan agar Cak Imin maju sebagai calon wakil presiden justru berasal dari relawan dan komunitas yang bergerak sendiri, karena ada kebutuhan menghadirkan sosok pemimpin yang pluralis.

"Di era Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur berhasil karena belum ada Presiden Indonesia yang membangun semasif ini. Namun, yang harus dioptimalkan adalah pembangunan manusia," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x