Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 07:49 WIB

5 Tahun Pimpin Bandung Bisa Jadi Bekal Kang Emil

Kamis, 9 November 2017 | 17:11 WIB

Berita Terkait

5 Tahun Pimpin Bandung Bisa Jadi Bekal Kang Emil
Ridwan Kamil - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik The Jakarta Institute Reza Fahlevi menilai Wali Kota Bandung Ridwan Kamil masih unggul dalam persaingan bakal calon Gubernur Jawa Barat.

Ini diketahui dari sejumlah lembaga survei kandidat Cagub Jabar. "Selain karena profesi sebelumnya sebagai arsitek, pengalaman selama 5 tahun memimpin Bandung menjadi bekal dan pengalaman untuk memimpin Jabar ke depan," ujarnya, Kamis (9/11/2017).

Reza juga mengatakan, kemenangan Ridwan Kamil di Pilkada Jabar nantinya akan berdampak besar bagi provinsi tetangga, DKI Jakarta. Terlebih Ridwan Kamil dikenal cukup dekat dengan dua pucuk pimpinan DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Relasi yang dekat itu, menurut Reza dapat menjadi momen bagi Anies-Sandi untuk saling belajar dalam mengelola daerah, khususnya dalam mempelajari bidang pengelolan kota.

"Apalagi ke depan banyak kerjasama antara Jabar, seperti bidang transportasi, sosial budaya, dan penataan kota. Anies-Sandi dapat menyerap banyak pengalaman Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamis) selama memimpin Bandung," kata dia.

Selain dianggap sukses menata kota, Reza menilai, Emil juga dianggap sukses dalam urusan penataan birokrasi.

Salah satu prestasi mentereng Emil dalam yaitu Kota Bandung mendapatkan peringkat satu se-Indonesia terkait reformasi birokrasi dari penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Selain itu, pelayanan publik di Kota Bandung juga sudah mendapatkan rapor hijau.

"Artinya, tidak relevan bila pengalaman dianggap menjadi faktor kekurangan Kang Emil. Yang penting adalah nilai kepemimpinan yang bisa diterapkan di segala skala," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x