Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 16:31 WIB

Kementan Siapkan Lima Program Unggulan untuk 2018

Oleh : Willie Nafie | Rabu, 8 November 2017 | 00:24 WIB
Kementan Siapkan Lima Program Unggulan untuk 2018
Kepala BKP Kementerian Pertanian Agung Hendriadi - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian melaksanakan rapat koordinasi Pemantapan Perencanaan Kegiatan Tahun Anggaran 2018 di Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/11/2017) malam.

Kepala BKP Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan, ada lima program unggulan yang dimantapkan untuk tahun 2018 mendatang.

Kelima program tersebut antara lain membuat kawasan pangan strategis, kegiatan disertifikasi pangan, pemantapan pengentasan stunting, pengembangan lumbung pangan mandiri dan lumbung pangan masyarakat.

Adapun, kelima program ini diajukan setelah evaluasi BKP Kementan atas kinerja pada tahun sebelumnya. Dan, diyakini mampu membawa dapak positif dalam pembangunan pertanian nasional kedepan.

"Jadi daerah-daerah yang harus menjadi perhatian kami, baik itu kabupaten atau kota maupun kecamatan harus menjadi perhatian," ucap Agung di lokasi, Selasa (7/11/2017).

Sementara itu, sesuai pemetaan daerah rentan pangan berdasarkan enam kategori. Wilayah Papau menempati rentan pangan kategori pertama.

"Kategori dua daerah yang kondisi geografisnya itu tidak mendukung. Daerah yang curah hujan sangat sedikit, misalnya Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sebagainya. Yang kategori lima dan enam ini sudah tidak rentan. Wilayah utamanya adalah Indonesia bagian barat dan tengah," jelasnya.

Disamping itu, permasalahan stunting atau persoalan anak kerdil pun menjadi perhatian khusus pihaknya. Dengan akan diperhatikan pengembangan pertanian di wilayah yang teridentifikasi banyak anak kerdil.

"Kami masih ada daerah itu dan kami akan bekerja Bappenas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa untuk menghilangkan stunting," tandasnya. [rym]

Tags

Komentar

 
x